• Rabu, 03 Oktober 2018

    Perbedaan Model Keamanan Jaringan Wireless Menggunakan WEP, WPA, WPA2, Hostpot Login, dan MAC Address Filtering.


    1. WEP (Wired Equivalent Privacy)

    Hasil gambar untuk Gambar WEP (Wired Equivalent Privacy)










    WEP ialah suatu metode pengamanan jaringan nirkabel atau wireless. WEP merupakan standart keamanan dan enkripsi pertama yang digunakan oleh wireless
    Jenis security ini mudah untuk dicrack atau di sadap orang luar . WEP menggunakan 64bit dan 128bit. 
    Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan oleh administrator ke client maupun access point, kunci tersebut harus cocokdari yang diberikan access point ke client, dengan yang di masukkan client untuk authentikasi menuju access point.

    Cara memberikan password pada WEP terdirid ari 64 bit dan 128 bit dengan menggunakan format karakter Hexxadecimal dan ASCII.
    Jumlah karakter yang diberikan pada WEP:
    -64 bit Hexadecimal terdiri dari 8 karakter ( angka 0-9 dan huruf A-F).
    -64 bit ASCII  terdiri dari 5 karakter (seluruh karakter yang ada di keyboard).
    -128 bit Hexadecimal terdiri dari 16 karakter (angka 0-9 danhuruf A-F).
    -128 bit ASCII              terdiridari 10 karakter (seluruhkarakter yang ada di keyboard).
    WEP dianggap mudah ditembus dengan metode sederhana sehingga perlu adanya enkripsi yang lebih kuat.

    2. WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key


    Hasil gambar untuk WPA PSK



    WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key) adalah pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda WPA-PSK jika tidak ada authentikasi server yang digunakan. Dengan demikian access point dapat dijalankan dengan mode WPA tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server. Cara mengkonfigurasikannya juga cukup sederhana. Perlu diketahui bahwa tidak semua access point akan mempunyai fasilitas yang sama dan tidak semua access point menggunakan cara yang sama dalam mendapatkan Shared-Key yang akan dibagikan ke client.

    Pada access point Dlink DWL-2000AP, pemberian Shared-Key dilakukan secara manual tanpa mengetahui algoritma apa yang digunakan. Keadaan ini berbanding terbalik dengan akses point Linksys WRT54G, dimana administrator dapat memilih dari dua algoritma WPA yang disediakan, yang terdiri dari algoritma TKIP atau algoritma AES.
    Setelah Shared-Key didapat, maka client yang akan bergabung dengan access point cukup memasukkan angka/kode yang 
    diijinkan dan dikenal oleh access point. Prinsip kerja yang digunakan WPA-PSK sangat mirip dengan pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda Shared-Key.



    3. WPA2 PSK (Wi-Fi Protected Access 2 – Pre Shared Key)



    Hasil gambar untuk WPA2 PSK

    WPA2-PSK adalah security terbaru untuk wireless, dan lebih bagus dari WEP dan WPA-PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi sangat memakan banyak waktu.  Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption, Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda gunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).
    Oleh karena itu saya sarankan kepada anda , pakai WPA2-PSK(AES), lebih secure dan lama untuk crack. Tapi ingat! Anda perlu pastikan wireless router anda dan wifi adapter anda support WPA dan WPA2.


    WPA2 terdiri dari :
    1. WPA2 radius.
    WPA radius lebih aman,dibutuhkan 1 buah server  tambahan  yang bertugas melayani permintaan autentifikasi yang diberikan oleh server radius.

    2. WPA2 / PSK.
    WPA2-PSK adalah security terbaru untuk wireless, dan lebih bagus dari WEP dan WPA-PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi sangat memakan banyak waktu.  Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption, Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda gunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).

    4.Hostpot Login


    Hasil gambar untuk Hotspot Login

    Hotspot adalah sebuah area dimana kita bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Didalam hotspot terdapat sebuah pusat pengendali sinyal yang berasal dari provider baik telkom maupun provider lainnya ke user. User disini bisa berarti komputer, laptop atau bahkan perangkat smartphone yang dapat terkoneksi dengan jaringan wireless. Hotspot lebih sering digunakan untuk akses ke internet sehingga hotspot juga bisa diartikan sebagai pusat akses kontrol yang mengatur sinyal internet dari pusat akses data kepada para penggunanya.

    Saat ini hampir semua tempat keramainan diberikan layanan hotspot sehingga banyak orang yang dapat mengakses internet pada area itu. Taman, kampus, cafe bahkan warung kopi juga banya yang menyediakan layanan hotspot kepada para pengunjungnya. 

    5.MAC-Address Filtering 


    Hasil gambar untuk MAC-Address Filtering

    MAC-address filtering (alias link-layer filtering) adalah fitur untuk alamat IPv4 yang memungkinkan Anda untuk memasukkan atau mengeluarkan komputer dan perangkat berdasarkan alamat MAC mereka.Bila Anda mengkonfigurasi alamat MAC filtering, Anda dapat menentukan jenis hardware yang dibebaskan dari penyaringan. Secara default, semua jenis perangkat keras didefinisikan dalam RFC 1700 dibebaskan dari penyaringan.Untuk mengubah jenis perangkat keras pengecualian, ikuti langkah berikut:
    1. Pada konsol DHCP, klik kanan node IPv4, dan kemudian klik Properti.
    2.  Pada tab Filter, klik Advanced. Dalam lanjutan Filter kotak dialog Properties, pilih kotak centang untuk jenis hardware untuk dibebaskan dari penyaringan. Kosongkan kotak centang untuk jenis perangkat keras untuk menyaring.
    3.  Klik OK untuk menyimpan perubahan.   

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Disqus Shortname

    sigma2

    Disqus Shortname

    theme-daddy

    Comments system

    [blogger][disqus][facebook]

    Comments System

    blogger

    Disqus Shortname

    Comments System

    [blogger][disqus][facebook]

    - Copyright © Anggita Kurnia Saputri - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -